Doa adalah Ucapan Ulang Tahun Terbaik

9 Juni 2019

*Doa ulang tahun Islami terbaik untuk diri sendiri, anak, suami/istri, sahabat dan kerabat

Di hari ulang tahun, ada merayakannya dengan bergembira, karena banyak keluarga dan teman yang menyampaikan ucapan dan doa, juga memberi kado. Ada juga yang merenung, karena di hari tersebut ia dilahirkan dan bertambahnya usia berarti berkurangnya umur dalam kehidupannya.


Memang tak salah jika bergembira saat ulang tahun, namun berkurangnya usia sebaiknya membuat kita bermuhasabah dengan memperbanyak doa dan amal kebaikan. Agar semakin bertambahnya usia, maka pahala pun juga semakin meningkat.

Semakin bertambahnya usia dianjurkan untuk semakin memperbaiki diri. Tak perlu perayaan khusus. Rayakan dengan mensyukuri nikmat Allah berupa kesehatan, kehidupan, usia yang panjang. Meski rasa syukur sepatutnya dilakukan setiap saat, namun di hari ulang tahun menjadi momen untuk mempertebal rasa syukur tersebut.

Rayakan dengan refleksi diri, mengoreksi yang kurang dan yang perlu ditingkatkan dari diri pribadi. Rayakan dengan memanjatkan doa, untuk diri sendiri atau sahabat dan kerabat.

Ada banyak doa yang bisa dipanjatkan kepada Allah SWT. Bukan hanya doa yang telah tertera pada Al Qur'an dan Hadist, namun juga doa dari diri sendiri sebagai bentuk harapan atau hajad kepada Allah SWT.

Berikut doa di hari ulang tahun, untuk istri/suami, anak, saudara, sahabat, kerabat, juga diri sendiri, yang dianjurkan untuk dibaca ketika berulang tahun.

- Doa ulang tahun agar panjang umur untuk diri sendiri, keluarga, sahabat dan kerabat

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

"Allahumma thawal’umurana washah ajsadana wanawir qulubana watsabit imanana wa ahsan u’malana wawasi’ arzaqana wa ilalkhoiri qarabna wa’anisy syahri ab’idna waqdhi khawaijana fid daini wad dunnya wal akhirat innaka ‘ala kuli syai’in qadir."

Artinya: Ya Allah panjangkanlah umur kami, sehatkanlah badan kami, terangilah hati kami, kuatkanlah hati kami, baikkanlah amal kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami dengan kebaikan dan jauhkanlah kami dengan kejahatan. Kabulkanlah semua kebutuhan kami dalam agama di dunia ataupun di akhirat. Sesungguhnya hanya Engkaulah Yang Maha Kuasa atas segala-galanya.
 - Doa ulang tahun agar diberi kemuliaan untuk diri sendiri, anak, istri/suami dan keluarga

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

"Rabbana hablana min azwajina wa dzurriyatina wa qurrata a’yunin waja’lna lilmuttaqina imaman."

Artinya: Ya tuhan kami, anugerahkanlah kami istri dan anak cucu yang bisa menyenangkan kami dan jadikan kami imam untuk orang-orang bertaqwa.

- Doa ulang tahun untuk keselamatan dan pengampunan dosa

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

"Allahuma inna nasaluka selamatan fid daini wa ‘afiyata dil jasadi wa ziyadatan fil ‘ilmi wa baraktan fir rizqi wa taubatan qablal mauti wa rahmatan indalmauti wa maghfirtan ba’dal mauti."

Artinya: Ya Allah kami mohonkan kepada Mu keselamatan agama, kesejahteraan tubuh, penambahan ilmu, rezeki yang berkah, bertaubat sebelum mati, rahmat ketika mati, dan pengampunan setelah kematian.

- Doa ulang tahun agar diberi anak yang shaleh dan shalehah (ulang tahun perkawinan)

رَبِّ هَبْلِيْ مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاءِ

"Rabbi habli min ladunya dzurriyatan thaiyyibatan innaka sami’ud du’a’i"

Artinya: Ya Allah ya Tuhan kami berikanlah kami anak yang saleh dan salehah karena hanya sesungguhnya Engkaulah zat yang maha mendengarkan setiap doa.

1 Komentar:

  1. Nice Post mengatakan...:

    Thanks For.. Sharing Information...Your website is very nice..

    This is Sarkari Result From India.. Click Here To Open link and Get Your Latest Jobs, Admit Cards, Result, ANswer Key & many more.. thanks..

    Nice Site...............

    Sarkari Result
    Sarkari Results
    sarkariexam
    Sarkari Result 2019
    sarkariresult
    sarkari job
    sarkariexam result
    sarkari naukri in up
    rojgar result
    sarkari result in hindi

Posting Komentar

 
IHSYAH blogwork | lihat juga BLOGSPOTISME