Jual Fotomu di Website Stock Photography Ini

8 Maret 2015

JIKA kamu hobi fotografi, ada cara menghasilkan uang dari internet. Kamu bisa menjual foto-fotomu melalui website stock photography. Beragam foto-foto bisa ditawarkan dalam sejumlah website tersebut.

istockphoto

Daripada sekadar membagikan foto-fotomu di akun jejaring sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path atau lainnya, alangkah baiknya jika bisa mendapat penghasilan dari foto itu.

Banyak individu, bisnis atau perusahaan seperti majalah, biro iklan, desainer web, maupun seniman grafis memanfaatkan situs-situs stock photography untuk mencari foto. Alasannya, lebih hemat biaya daripada harus membayar jasa fotografer profesional.

Namun perlu diperhatikan beberapa hal untuk memulai menghasilkan uang dari jual foto online, diantaranya daftar di banyak situs bursa fotografi, untuk mendapatkan eksposur yang maksimal untuk foto kamu.

Selalu mengirimkan foto ke dalam kategori yang tepat, karena jika salah memilih kategori akan ditolak atau tidak diperhatikan. Pastikan bahwa foto-foto tersebut benar-benar hasil karyamu sendiri untuk menghindari pelanggaran hak cipta. Berikut ini sejumlah website stock photography populer itu;

123RF (http://www.123rf.com)
Website jual beli foto ini juga sangat populer. Komisi member bisa mencapai 60% dari harga yang jual. Juga ada komisi sebesar %0.43 untuk setiap unduhan terlanggan. Soal cara pembayarannya pun lebih nyaman, karena mendukung hampir semua metode pembayaran.

ALAMY (http://www.alamy.com)
Ini yang paling ramah. Member mendapat royalti sampai 60% dari foto-foto miliknya. Website ini yang memberi royalti paling tinggi, yang juga menguntungkan adalah member juga masih boleh menjual foto yang sama ke situs jual beli foto yang lain.

BIGSTOCKPHOTO (http://www.bigstockphoto.com)
Setiap foto member yang didownload, akan mendapatkan uang sekitar $0.50 hingga $1.00. Tetapi untuk download spesial (foto digunakan untuk suatu produk), member bisa mendapatkan $60 per foto.

FOTOLIA (http://fotolia.com)
Dengan mengupload foto ke Fotolia, member bisa dengan mudah menyajikan foto ke jutaan calon pembeli dari seluruh dunia dengan mudah. Fotolia menyediakan beberapa aplikasi untuk lisensi pembelian. Untuk setiap foto yang terjual member akan menerima royalti berdasarkan tipe berlangganan pembeli. Pendapatan sebesar 20% sampai 60% untuk penjualan setiap foto yang didownload dan komisi sebesar 0.25 sampai 0.40 kredit untuk download oleh pelanggan.

FREEDIGITALPHOTOS (http://www.freedigitalphotos.net)
Website yang satu ini bahkan berani memberi membernya komisi sebesar sampai 70% untuk setiap foto yang terdownload. Harga setiap foto akan mulai dari $3 per download.

IMAGEKIND (http://www.imagekind.com)
Website otomatis akan menetapkan harga dasar dari karya foto setiap member. Dari situ, member bisa menentukan mark-up atau harga jual akhir kepada calon pembeli.

ISTOCKPHOTO (http://www.istockphoto.com)
Website ini dapat disebut sebagai situs jual beli foto online tertua dan paling populer. Setiap setiap foto yang didownload, member bisa mendapat komisi sampai 15%. Bahkan jika menjadi exclusive contributor, komisi yang didapat sebesar 45%. Nah, jika earning sudah mencapai $100, maka member bisa meminta pembayaran. Pembayaran bisa melalui cek, paypal, money bookers, deposit langsung atau master card. Website ini tidak hanya menjual foto, tapi juga ilustrasi, audio dan video.

PHOTOSTOCKPLUS (http://www.photostockplus.com)
Di website ini member dapat menentukan harga fotonya sendiri atau bisa menyerahkan sepenuhnya kepada PhotoStockPlus untuk menentukan harga jual dan member menerima pembayaran sampai 85% bagi hasil dari penjualan.

PICTURESTOCK (http://www.picturestock.com)
Pada saat satu foto terjual, maka 50% untuk fotografer, 25% untuk distributor yang mereferensikan pembeli dan 25% dibagi antara Picturestock dan agensi penjualan. Jika pembeli bukan berasal dari referal, maka 50% untuk Picturestock dan agen penjualan, sisanya untuk fotografer.

SHUTTERPOINT (http://www.shutterpoint.com)
website ini menawarkkan banyak fitur untuk kepentingan fotografer termasuk formulir pengisian permohonan pembeli. Pembayarannya adalah sekitar 85% dari hasil penjualan foto.

SHUTTERSTOCK (http://www.shutterstock.com)
Website ini juga sangat populer sebagai situs tempat jual-beli foto online. Member bisa mendapatkan pendapatan antara 20% sampai 30% untuk setiap foto anda yang didownload. Ada skema pendapatan yang berbeda, ada yang langganan harian, on demand dan enhanced license.

SUPERSTOCK (https://www.superstock.com)
Website ini telah menjual gambar dan foto selama kurang lebih 20 tahun baik secara online dan offline, cukup selektif menerima hasil foto yang diajukan tetapi situs ini memiliki kredibilitas tinggi.

VEER (http://www.veer.com)
Sekali terdaftar sebagai kontributor di website ini, maka setiap kali foto member didownload, maka akan menerima royalti yang akan dibayarkan setiap pertengahan bulan, dengan nilai minimum pembayaran sebesar $100.

Nah, itulah beberapa website stock photography yang bisa dimanfaatkan untuk merubah arsip foto yang menjadi pundi-pundi uang. Tidak harus mengikuti semua website stock photography di atas, namun juga sebaiknya tidak hanya mengandalkan satu tempat. Pilihlah yang sesuai dengan karya foto atau kebutuhan. (*)

1 Komentar:

  1. Rahmat Nugroho mengatakan...:

    Saat ini saya sudah menghasilkan uang dari ngecer foto di Bigstockphoto, 123rf, Istockphoto, Dreamstime, Clashot, Redbubble dan Twenty20. Yang sudah payout diantaranya (123rf, Bigstockphoto dan Twenty20)

    silahkan jika mau sharing saya terbuka sekali

    http://stokfotomaniac.blogspot.co.id/

Posting Komentar

 
IHSYAH blogwork | lihat juga BLOGSPOTISME