Heboh! Foto Ular Berkepala Tujuh

14 Januari 2013

PORTAL berita tribun-timur.com dua hari lalu menyajikan berita beredarnya foto ular berkepala tujuh di Camba, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Foto Ular Berkepala 7

Berita berjudul 'Bikin Heboh! Foto Ular Berkepala 7 di Camba Beredar' dengan link 'http://makassar.tribunnews.com/2013/01/12/bikin-heboh-foto-ular-berkepala-7-di-camba-beredar' itu sempat membuat saya kaget. Menurut berita itu, kemunculan ular berkepala tujuh di Camba itu berawal dari grup/chat pribadi BlackBerry Massenger (BBM).

Namun saat memperhatikan fotonya dengan seksama, saya yakin foto ular berkepala tujuh itu bukan di Camba. Saya menduga foto ular berkepala tujuh itu hanyalah foto rekaan.

Berdasar penelurusan gambar di Google, terdapat sekitar 400 laman web yang pernah menayangkan foto serupa. Foto ular berkepala tujuh itu sudah beredar sejak beberapa tahun lalu di banyak blog. Versi pertama dari gambar ini adalah ular berkepala tiga, konon muncul di India.

Saya juga menemukan kalau sumber ular berkepala tujuh itu berasal dari foto ular berkepala tiga yang  beredar di internet dan menjadi perbincangan blogger beberapa waktu lalu. Foto ular berkepala tujuh itu adalah fake dan olah digital dari ular berkepala tiga. Bahkan foto asli ular itu berkepala satu, sebagaimana dijelaskan laman 'http://www.hiren.info/indian/gossip/fake-snakes-photos-floating-around-website-and-facebook'.

Foto Ular Berkepala 7

Olah digital foto ular berkepala banyak ini dapat dilakukan hanya dengan teknik sederhana dalam aplikasi pengolah gambar Photoshop, yakni teknik kloning.

Tak heran jika hal-hal aneh dan dianggap heboh memang mudah ditemukan di internet, foto atau gambar aneh dan heboh itu kemudian berpindah dari satu laman web ke banyak laman web lainnya.

Apalagi sejak BBM tren, foto atau gambar aneh dan heboh di internet kemudian beredar di BBM, lengkap dengan komentar yang mengunggahnya.

Lantas mengapa foto ular berkepala 7 itu menjadi heboh? Nampaknya masyarakat kita telanjur suka membuat atau dibuat heboh. Ingat heboh foto korban Sukhoi Superjet 100? Sumber foto juga berasal dari internet dengan waktu, kejadian, serta lokasi yang berbeda.

Demikianlah ulasan singkat saya tentang Heboh! Foto Ular Berkepala Tujuh ini. Salam photoshop! | *

0 Komentar:

Poskan Komentar

 
IHSYAH blogwork | lihat juga BLOGSPOTISME