2012, Tahun IT Maros: Sebuah Resoblog

1 Januari 2012

PADA acara lepas tahun 2011, Bupati Maros HM Hatta Rahman mengemukakan, dalam tahun 2012 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros akan melakukan peningkatan penerapan information technology (IT) atau teknologi informasi (TI).

Salah satunya dengan menerapkan sistem pembelajaran virtual dengan menyediakan perpustakaan online. Untuk mendukung sistem ini Pemkab Maros akan menyiapkan sedikitnya 23 ribu judul buku yang bisa diakses oleh para pelajar.

Tahun 2011 lalu, Pemkab Maros memang telah melakukan penerapan teknologi informasi dalam pemerintahan atau e-goverment dan mencanangkan program Maros menuju Cybercity. Penerapannya telah dilakukan dengan menyediakan perangkat wifi gratis pada ruang publik, salah satunya di kawasan wisata kuliner malam.

Hal ini kemudian mengantar Maros menerima penghargaan Anugerah Information Technology and Communication (ITC) Pura 2011 dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) atas keberhasilannya dalam penerapan Teknologi Informatika dan Komunikasi (TIK) tingkat nasional.

Penerapan TIK ini juga mendapat dukungan masyarakat, sebut saja Komunitas Blogger Maros (KBM) yang secara rutin menulis artikel seputar Maros untuk memperkaya konten Maros di internet. Selain itu KBM juga melakukan sosialisasi pemanfaatan internet ke sekolah-sekolah.

Sosialisasi ini adalah upaya mengajak siswa memanfaatkan internet secara positif sebagai langkah menghindari dampak negatif teknologi informasi. Dalam sosialisasinya itu, KBM memaparkan tips mencari informasi yang dibutuhkan di internet, menggunakan informasi di internet untuk kebutuhan akademik (sekolah) dan menggunakan internet sebagai sumber belajar.

Selain pemahaman internet, KBM juga memperkenalkan blog yang selama ini dikenal sebagai aplikasi tulisan dan gambar pada sebuah halaman situs internet.

Cara lain masyarakat Maros mengapresiasi program cybercity ini adalah dengan membuat website informasi dan promosi pariwisata Desa Wisata Samangki. Ada juga yang membuat situs eLearning untuk pembelajaran jarak jauh yang memungkinkan guru dan siswa berinteraksi secara online.

Menyadari kalau blog merupakan media publikasi potensi dan keunggulan daerah yang efektif, maka dalam tahun 2012 ini, bersama KBM, saya ingin menjadikan "2012 Tahun IT Maros" yang pencapaiannya tentu saja didukung teknologi internet.

Saya menyebut gagasan ini "Resolusi Blogger (Resoblog) Maros 2012" dengan agenda aksi menggelar workshop blogging, seminar internet dan IT, juga pelatihan jurnalistik media online. Sambil tetap melakukan aktifitas publikasi terhadap objek-objek wisata dan keunggulan daerah melalui internet, semisal melanjutkan lomba blog dengan kata kunci "Bantimurung Objek Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan" yang digelar KBM bulan lalu.

Sementara Sosialisasi Pemanfaatan Internet ke Sekolah menjadi agenda berkala untuk memberikan pemahaman tentang manfaat internet serta kesiapan siswa menghadapai penerapan sistem pembelajaran virtual, saat perpustakaan online diterapkan.

Langkah berikutnya yang akan dilakukan adalah melakukan penguatan literasi dan memperkaya konten Maros di internet. Juga menerbitkan buku dengan topik ulasan seputar internet dan aktifitas blogging.

Semua agenda kegiatan ini bermuara pada terciptanya masyarakat, terutama generasi muda, yang paham IT. Sehingga dapat menggunakan internet dengan baik dan bijak. Bahkan dalam tataran yang lebih luas, pemahaman IT dan blogging ini diharapkan dapat melahirkan blogpreneur sebagai nilai positif aktifitas blogging.

Agenda kegiatan ini merupakan upaya untuk mendorong dan menumbuhkembangan semangat kreatif dan inovatif dikalangan generasi muda Maros. Pencapaiannya tentu saja membutuhkan dukungan pemerintah daerah dan partisipasi penyedia layanan internet.

Selamat tahun baru 2012.

20 Komentar:

  1. Haf Sari mengatakan...:

    Asek..memang bersama lebih baik, moga makin eksis dan sukses untuk KBM.
    Untuk anda juga moga makin sukses dan memenangkan lombanya..
    "Kunback"

  1. manjilala mengatakan...:

    luar biasa, semoga Masyarakat lapisan terbawah bisa menikmati :)

  1. taufan punya blog mengatakan...:

    kreatif dan inovatif dalam penggunaan internet sehat...

  1. Affandy Murad mengatakan...:

    Resolusi yang penuh inspiratif masbro! kunjungilah Resolusi Saya

  1. waoo mantap nih tulisannya..keren.

    good luck and
    happy blogging

  1. gagasan menarik, melibatkan masyarakat dalam program pemerintah daerah dan terimakasih turut mempromosikan kami

  1. daengrusle mengatakan...:

    alhamdulillah
    dgn makin banyaknya komunitas blogger tersebar di nusantara, semakin melek internet masyarakat kita, khususnya generasi muda, semakin terbuka transfer pengetahuan ke mereka...semoga ini pertanda baik utk masyrakat kita. Amin...

  1. Anonim mengatakan...:

    selama masih saya yang tergabung dalam IT Pemkab akan di usahakan semaksimalnya.. hehheheheee...

    Http;//touyabanderas.blogspot.com

  1. vhazollee mengatakan...:

    Tahun 2012 sebagai tahun IT Maros sangat bagus.
    Ada banyak hal yg perlu dilakukan dlm rangka menuju masyarakat informasi.
    Dan komunitas IT akan memegang peranan yg sangat besar

  1. Clara mengatakan...:

    sukses buat warga Maros :)

  1. StarLight Blogs mengatakan...:

    Sukses deh buar resolusi maros nya
    Terima kasih telah meninggalkan jejak di My Blog

  1. Insya Allah saya dukung Maros untuk IT Years of 2012... :)
    Semangat kanda Ilham :)
    Miss U

  1. batubasssi mengatakan...:

    resoblog, istilah yang menarik. reso dalam bahasa Makassar adalah kerja, jadi resolusi 2012 tahun IT Maros adalah sebuah kerja kreatif para blogger. selamat!!

  1. PelajarPro mengatakan...:

    Mantapp

    MAkinn Maju IT Maros

  1. Affandy Murad mengatakan...:

    Siip, kalau templat blognya udah jadi bakal disharing deh, tapi jangan lupa komen kalo ada yang jelek atau kurang, okeh? salam kenal!

  1. sofyan mengatakan...:

    Maros Blogger community, semoga lekas terwujud, khususnya di kalangan pelajar ! media efektif untuk aktualisasi...! Resblog 12 menuju restorasi pendidikan....

  1. irfan maulana ago mengatakan...:

    sudah semestinya Indonesia menjadi negara global...

  1. Gaptek mengatakan...:

    Suksesss, buat resoblognya :)

  1. IHSYAH mengatakan...:

    terimakasih atas perhatian dan apresiasi teman-teman. salam sukses selalu..

Posting Komentar

 
IHSYAH blogwork | lihat juga BLOGSPOTISME