Salah Kaprah Tentang Kota Turikale

9 Desember 2011

HARI ini, saya menerima beberapa pesan, pesan itu disampaikan lewat private message di Facebook dan mention di Twitter. Pesan itu berisi pertanyaan; benarkah nama Maros berubah menjadi Turikale?

Pertanyaan ini adalah respon terhadap berita yang dimuat pada surat kabar harian lokal hari ini tentang tulisan selamat datang di gerbang masuk Kota Maros yang berubah.

Di gerbang yang terletak sekitar tiga kilometer sebelum kota Maros itu, sekarang memang tertera tulisan; "Selamat Datang di Kota Turikale" yang sebelumnya berbunyi; "Selamat Datang di Kota Maros."

Tulisan itu sontak menimbulkan salah kaprah, banyak orang mengira nama Kabupaten Maros telah berubah menjadi Kota Turikale. Beberapa warga bahkan mengganggap perubahan nama ini tak sesuai aturan dan tidak pernah disosialisasikan.

Mencermati respon itu, saya pun menuliskan tanggapan; nama Kabupaten Maros tidak berubah, yang baru ditetapkan adalah nama Turikale sebagai ibukota Kabupaten Maros. Terkait sosialisasi penetapan Turikale sebagai nama ibukota Kabupaten Maros, beberapa waktu lalu, Pemkab Maros telah menyampaikannya secara resmi di website maroskab.go.id;

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros menetapkan kecamatan Turikale sebagai ibukota Kabupaten Maros. Hal ini tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) nomor 10 tahun 2011 tentang Penetapan Turikale sebagai Ibukota Kabupaten Maros.

Dipilihnya Turikale sebagai ibukota Kabupaten Maros karena saat ini pusat kegiatan pemerintahan dan pelayanan berada di Kecamatan Turikale. Selain itu laju pembangunan dan ekonomi di Turikale makin pesat sehingga sangat layak untuk dijadikan sebagai ibukota Kabupaten.


Dari aspek kesejarahan Turikale adalah salah satu eks distrik tertua di Kabupaten Maros, sehingga diharapkan dengan penetapan ini akselerasi pembangunan dapat terpacu dengan program-program yang telah dicanangkan Pemkab Maros.


Karenanya, saya pun sepakat jika kalimat yang tertera di gapura tersebut segara dibenahi dengan menambahkan kalimat "Ibukota Kabupaten Maros" di bawah kalimat "Selamat Datang di Kota Turikale" itu, untuk mengakhiri salah kaprah ini.

2 Komentar:

  1. IsalBlog.com mengatakan...:

    wah wah wah...
    saya juga sempat salah kaprah, untuk ada postingan ini...
    thanks Mas Bro

  1. Leeya 'sHadiiq mengatakan...:

    hahaha :D
    ada peningkatan nie..
    dre DESA menjadi KOTA

Posting Komentar

 
IHSYAH blogwork | lihat juga BLOGSPOTISME