Blogwalking, Silaturami Mencari Backlink

21 Desember 2011

DALAM aktifitas blogging, blogwalking dipahami sebagai salah satu bentuk silaturahmi antar blogger. Kegiatan mengunjungi blog orang lain ini juga menjadi cara untuk mendapatkan traffic.

Selain silaturahmi dan traffic, blogwalking juga menjadi sarana mendapatkan backlink. Inilah simpulan perbincangan saya dengan pemilik blog isalblog.com.

Isal kemudian menjelaskan kalau saat blogwalking, blogger tidak akan langsung pergi begitu saja dari blog yang dikunjunginya. Biasanya blogger akan meninggalkan jejak dengan berkomentar pada blog atau dengan mengisi buku tamu yang disediakan sebagai informasi untuk pemilik blog kalau blog mereka sudah dikunjungi. Saat berkomentar, blogger mencamtumkan alamat blognya sebagai backlink.

Perlu diketahui bahwa pada saat blogwalking, bukan hanya pemilik atau pengunjung blog yang melihat link blog kita, namun juga robot Google. Pada saat robot ini mengcrawl atau merayapi suatu blog, robot juga akan melihat link-link luar yang terdapat pada blog atau website yang dirayapinya. Nah jika link blog kita terlihat oleh robot Google ini, maka link tersebut akan mudah diindex oleh Google.

Bagi Google, backlink adalah link masuk, inbound link, inlinks dan link ke dalam sebuah situs atau halaman web. Dalam terminologi link yang dasar, backlink adalah setiap link yang diterima oleh sebuah node web (halaman web, direktori, website, atau domain tingkat atas ) dari node lain web.

Signifikansi link berpengaruh pada optimasi mesin pencari (SEO). Jumlah backlink merupakan salah satu indikasi popularitas atau pentingnya situs atau halaman, ini digunakan oleh Google untuk menentukan pagerank sebuah halaman web.

Karenanya, Isal rutin melakukan blogwalking, setidaknya dua-tiga kali seminggu. Bagi Isal, jika sering berkunjung ke blog lain, bisa saja pemilik blog akan merasa simpatik. Sehingga akan terbentuk jalinan persahabatan antar blogger.

Banyak hal yang bisa didapatkan dari persahabatan antar blogger ini, semisal tukar link, loyal visitor, saling review serta tanya-jawab seputar blogging. Bahkan dari persahabatan tersebut, blogger bisa mendapat backlink dari blog berpagerank tinggi.

Kelebihan blogwalking lainnya memperbesar peluang blog untuk dikenal dan dikunjungi orang lain. Komentar pada blog lain merupakan cara mempromosikan blog. Karenanya perlu diingat agar senantiasa berkomentar dengan baik. Jangan berkomentar terlalu pendek dan tidak nyambung dengan isi artikel, ini untuk menghindari komentar dianggap spam.

Tertarik dengan cerita Isal ini, saya pun melakukan blogwalking, bersilaturahmi sambil mencari backlink. Apalagi saat ini saya memang sedang mempromosikan artikel "Bantimurung Objek Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan". Happy blogging!

5 Komentar:

  1. IsalBlog.com mengatakan...:

    mantap, tp ko' sy yg dibahas yah..? hehhe
    tp kayanya ada yg kelupaan nih bang, selain Silaturahmi, Promosi, mencari backlink juga bisa digunakan sebagai tempat untuk mencari Ide Postingan dan juga sebagai tempat untuk mencari Ilmu, krn bagi sy pada waktu blogwalking otomatis kita akan membaca postingan sobat blogger yg kita kunjungi dgn bgi2 kita juga akan mendapat ilmu2 yg bermanfaat, terkecuali yg hanya untuk blogwalking dan mencari backlink, mungkin artikelnya gak dibaca komentarnya pun hanya mengatakan, "Pertamax, nice info gan, DLL"
    Oh iya terima kasih banyak yah bang atas artikel blogwalking nya ini. Enjoy & happy blogging.

  1. IHSYAH mengatakan...:

    makasih sudah mampir kembali di sini, bro. tentang ide postingan dan gudang ilmu, hal itu memang merupakan dampak lain dari blogwalking. senang bisa bergabi informasi ini. enjoy with this blog :)

  1. andi mengatakan...:

    sesuai dengan komentar isal di atas, sy cuma mau bilng...
    nice info kanda.. heheh

  1. firecybernet mengatakan...:

    kak semoga di deteksi ama robot google
    wkwwkwkwkw
    http://firecybernet.blogspot.com/

  1. darma mengatakan...:

    nice info. salam kenal dari saya, sebagai pemula izinkan kami memperluas jalin pertemanan. terima kasih, semoga sukses selalu

Posting Komentar

 
IHSYAH blogwork | lihat juga BLOGSPOTISME