Mengunjungi Desa Wisata Samangki

5 Desember 2011

NAMA Desa Samangki tentu belum dikenal meluas, namun jika menyebut Taman Wisata Alam Bantimurung, tentu sudah tak asing lagi. Begitu pula dengan nama Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung.

biseang labboro desa wisata samangki

Secara geografis Desa Samangki terletak di Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Desa ini kaya dengan daya tarik wisata yang beragam. Sebagian dari wilayahnya merupakan kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Kerenanya desa ini memiliki kekayaan flora dan fauna yang juga beraneka ragam.

Dalam wilayah Desa Samangki juga terdapat sejumlah objek wisata andalan Kabupaten Maros dan Propinsi Sulawesi Selatan, sebut saja Taman Wisata Alam Bantimurung yang merupakan objek wisata terbaik di Sulawesi Selatan dan selama ini menjadi primadona pariwisata alam yang ramai dikunjungi. Atau sarana wisata keluarga yang kini mulai populer sebagai objek wisata permandian yang baru dibangun, Maros Waterboom.

Daya tarik wisata lainnya yang ada di Desa Wisata Samangki ini adalah banyak terdapat situs cagar budaya yang dilindungi dan masih terjaga keutuhannya. Salah satunya adalah Biseang Labboro, gundukan batu besar yang berbentuk perahu terbalik yang termasuk dalam Kawasan Pattunuang. Di kawasan ini juga banyak terdapat goa-goa alam peninggalan masa prasejarah yang masih terjaga.

Melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri bidang Pariwisata desa ini dijadikan desa wisata dan kini dapat 'dijangkau' secara online lewat websitenya: www.desawisatasamangki.com. Selamat berkunjung!

5 Komentar:

  1. Muhammad Gustavie mengatakan...:

    wah seru banget... pasti asyik kalo bisa jalan-jalan ke desa wisata ini.

  1. Admin mengatakan...:

    jadi kepengen ke sana ni gan

  1. gempur mengatakan...:

    Wah keren, mudah2an ada waktu tuk ke sana. Amin. Semoga kesampaian. :D

  1. manjilala mengatakan...:

    wah waterboomnya boleh juga tuh sy belum pernah kesana :)

  1. IHSYAH mengatakan...:

    let's come Samangki!

Posting Komentar

 
IHSYAH blogwork | lihat juga BLOGSPOTISME